"A Palavra é do Tempo, o Silêncio da Eternidade"

19 de maio de 2009

Ilusi Negara Islam



Sebuah buku baru berjudul "Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia" diluncurkan Sabtu (16/5) di Hotel Gran Melia Jakarta oleh mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid, alias Gus Dur, mantan Ketua Umum Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif dan tokoh NU A. Mustofa Bisri. Buku ini adalah hasil penelitian dan konsultasi selama lebih dari dua tahun tentang gerakan Islam Transnasional di Indonesia. Buku ini diterbitkan atas kerja sama Gerakan Bhinneka Tunggal Ika, The Wahid Institute dan The Maarif Institute. Buku ini juga akan diperbanyak di 4 negara yakni Turki, Arab Saudi, Inggris dan Amerika Serikat.

Sebuah buku yang berbicara lugas, apa adanya, berangkat dari penelitian dan konsultasi lapangan di 17 Propinsi di Indonesia, juga diperkuat oleh studi sumber-sumber tertulis berkaitan dengan tema ini.

Buku ini tentunya akan mendatangkan kontroversi terutama dari kelompok ekstrem (berita-berita on line mulai "menangkap" geliat ini dengan ancaman segala), tetapi siapa yang berbicara tentang kebenaran siap menghadapi segala tantangan. Salut untuk usaha besar ini.

Kebenaran akan memerdekakan; kejujuran, kerendahan hati, keterbukaan akan melahirkan respek dan hormat. Marilah berdebat secara santun demi kedewasaan berpikir, berpolitik, bermoral, bermartabat dan beriman sebagai warga bangsa dan umat beragama.

Hiduplah pluralisme, toleransi dan respek yang membebaskan. Buku ini dapat dibaca di sini:

http://www.bhinnekatunggalika.org/galeri.html

Etiquetas: , , ,