"A Palavra é do Tempo, o Silêncio da Eternidade"

10 de maio de 2009

Malam Fado

Pada tanggal 9 Mei 2009 bertempat di Seminari SVD Tortosendo, Portugal, berlangsung Malam Dana untuk proyek pembangunan rumah buat para penderita kusta di Luquisa, Timor Leste. Acara ini diselenggarakan oleh “Amigos do Verbo Divino” (Sahabat-sahabat Sabda Allah) Regio Tortosendo, atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama kelompok Soverdia. Malam dana ini bertemakan “Vem à minha casa – Contruindo Vida em Timor” (Mari ke Rumahku – Membangun Hidup di Timor). Acaranya berupa konser musik “Fado” yakni musik tradisional portugis, asal musik keroncongnya Indonesia. Para artis Fado secara sukarela menyumbangkan suaranya untuk kegiatan amal ini.



Aula Seminari ditata sedemikian rupa, seperti bar, tempat orang menikmati musik sambil makan-minum. Namun karena jenis musik ini sendu, tenang dan meditatif maka makan-minum hanya pada awal dan saat istirahat. Hasil dari malam dana ini berasal dari karcis masuk dan makan-minum yang dipesan. Aula besar Seminari terisi penuh. Sebagian besar permintaan terpaksa tidak dipenuhi karena ketiadaan tempat lagi untuk menampung semua orang. Malam dana ini berjalan lancar, penuh kekeluargaan dan persaudaraan. Semua merasa puas, misi pun puas. Acaranya baru berakhir jam dua dini hari.



Sahabat-sahabat SVD Regio Tortosendo, seperti tahun-tahun sebelumnya, mengambil bagian dalam proyek “Mãos Unidas” dari Sekretariat Misi SVD Portugal. Untuk diketahui, Sekretariat ini setiap tahunnya mempunyai proyek pengumpulan dana untuk berbagai kebutuhan di tempat misi. Salah satu proyek untuk tahun 2009 ini adalah pembangunan rumah untuk para penderita kusta di Timor Leste. Proyek ini menjadi tanggung jawab para suster Konsepsionis untuk Pelayanan para Miskin yang berkarya di Liquisa.

Malam Fado ini merupakan salah satu dari sekian macam kegiatan yang sudah direncanakan Sahabat-sahabat kita ini untuk dapat mengumpulkan 5.000 euro yang merupakan nilai total proyek ini. Peran para awam dalam kelompok “Amigos do Verbo Divino” sangat terasa dalam berbagai acara dan kegiatan di Provinsi. Dengan dan bersama mereka sebagai partner misi banyak kegiatan dan proyek misi dapat direalisasikan.